Ciri-Ciri & Ukuran Pamflet

Cir-Ciri Pamflet:

  • Biasanya menawarkan suatu produk atau jasa
  • Menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas serta mudah dipahami pembaca.
  • Menggunakan bahasa persuasif, artinya suatu tulisan dalam pamflet bertujuan untuk memengaruhi pembaca agar mau melakukan hal seperti yang dimuat dalam pamflet, seperti membeli produk yang ditawarkan dalam pamflet.
  • Informasi yang ditulis di dalam suatu pamflet biasanya adalah informasi yang aktual atau berkaitan dengan hal yang baru kekinian ( up to date)
  • Muatan isi gambar dan pamflet jelas agar memudahkan pembaca untuk memahami maksud isi pamflet.
  • Informasi yang disampaikan adalah informasi terupdate.
  • Full colour atau menggunakan warna yang mencolok.

Ukuran Pamflet:

1. A3 (297 x 420 mm)

A3 merupakan ukuran pamflet terbesar paling umum. Dengan demikian, tentu biaya cetak pun akan lebih mahal dibanding ukuran yang lainnya. Namun ini cocok bila untuk menyampaikan informasi lebih banyak. Pamflet berukuran A3 bisa dikustom dengan berbagai jenis lipatan untuk mendapat banyak ruang.

2. A4 (210 x 297 mm)

A4 merupakan ukuran standar kebanyakan printer rumah atau kantor, seringkali Pamflet dikustom dalam ukuran ini karena memiliki ruang yang cukup ideal untuk mempromosikan produk. Ukuran ini populer dicetak dalam kuantitas besar maupun kecil, baik di digital ataupun offset printing. Ukuran Pamflet A4 cocok untul pameran dagang dan juga sebagai selebaran yang diletakkan di toko atau tempat usaha untuk menyoroti manfaat produk.

3. A5 (148 x 210 mm)

A5 merupakan setengah ukuran dari A4 dan ini adalah yang paling sering digunakan dalam kuantitas banyak, karena sangat fleksibel. Kendati ukuran ini cukup kecil untuk masuk ke saku, tetapi cukup besar untuk memuat banyak informasi yang diperlukan. Ukuran A5 sering digunakan untuk pamflet yang dibagikan secara langsung di tempat tertentu dan pameran dagang.

4. A6 (105 x 148 mm)

A6 merupakan ukuran yang serupa dengan Post Card. Pamflet berukuran ini biasa digunakan untuk informasi yang tidak terlalu banyak, karena dia memiliki ruang yang lebih terbatas. Pesan pada ukuran ini harus singkat dan to the point. Kendati demikian, pamflet A6 semakin populer sebagai selebaran yang dimasukkan ke dalam paket tertentu, untuk mempromosikan produk atau layanan tambahan dari pihak penjual.

Komentar