Langkah-Langkah Penting Dalam Membuat Video Promosi


1. Identifikasi Tujuan
    Sebelum melangkah jauh ke pembuatan skrip, coba mundur kebelakang. Sebenarnya apasih alasan besar, Anda ingin membuat video ini.Biaya pembuatan video bisa mahal, jadi sangat penting untuk goals Anda sudah sangat jelas, sebelum Anda menuliskannya menjadi sebuah naskah.
    Sebagai contoh, misalnya Anda memiliki perusahaan baru dan Anda ingin video ini memperkenalkan misi brand ke pengunjung web. Atau mungkin Anda punya lini produk yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut kepada pembeli prospektif. Bisa saja Anda sedang membuat program diskon, dan butuh video yang bisa mendorong orang untuk segera ambil tindakan pembelian.

2. Tentukan Eksekusi
    Sekarang Anda sudah memiliki ‘Alasan’, hal ini sangat memudahkan apa yang paling masuk akal dalam eksekusi videonya. Sebagai contoh, katakanlah perusahaan baru Anda ingin membuat video intro untuk di halaman depan website dengan tujuan memperkenalkan brand dan membuat orang mendaftarkan dirinya.
    Dalam kasus ini, Anda baiknya membuat video yang mampu ‘mengenalkan’ atau ‘menjelaskan’. Anda akan memahami kenapa itu merupakan pilihan yang masuk akal.
    Misalnya, Anda sebagai perusahaan baru dan sedang menghadapi kompetisi bisnis yang ketat. Mungkin video dengan gaya perkenalan atau penjelasan dengan sudut masalah-solusi menjadi lebih ideal, daripada hanya menjelaskan visi misi perusahaan.

3. Pilih Nuansa (Tone)
    Nuansa atau Tone, secara sederhananya adalah, bagaimana feel atau apa yang dirasakan Audiens Anda disaat menonton video Anda?
    Contoh, Anda ingin membuat audiens tertawa atau membuatnya bergerak? Anda ingin audiens merasa lebih pintar, atau Anda ingin mereka hanyut dalam kisah dari video Anda?

4. Tentukan Durasi
    Apakah akan 30 detik? 60 Detik? Satu menit? 5 menit? Mungkin Anda berfikir, bagaimana bisa tahu durasinya sampai semuanya saya tuliskan naskahnya?
    Pembatasan waktu atau durasi pada konsep Anda, justru akan membuat konsep itu menjadi lebih kuat dan efektif. Ini juga bisa menghindari Anda dari situasi frustasi, seperti memaksa memotong skrip berdurasi 2 menit untuk dijadikan video berdurasi 30 detik.

Komentar